www.tik-smadakediri.blogspot.com Sukseskan UNBK 2017

Pages - Menu

Selasa, 19 Mei 2009

TABEL, FORM, QUERY & REPORT

Access memang memiliki beberapa object diantarannya Tables, Forms, Queries dan Reports. Keseluruhan object tersebut saling keterhubungan untuk menjalankan suatu database. Untuk memperjelas object-object tersebut alangkah baiknya Anda simak postingan ini.

TABEL
Tabel adalah tempat untuk menyimpan data. Data yang ada di dalam tabel dapat kita manipulasi, kita lakukan operasi-operasi dasar database, kita urutkan datanya (men-sort), memperbaiki data yang telah terkumpul dan lain-lain. Jadi, fungsi dari tabel sebenarnya adalah sebagai tempat untuk menampung/menyimpan data yang kemudian dapat kita olah/proses.

FORM
Form digunakan untuk merepresentasikan ke user atau menerima inputan dari user data-data dalam tabel/query dalam bentuk interface grid, tombol dan lain-lain. Form dalam Access dapat dimasukkan ke dalam form lain sebagai control sub form, biasanya jika kita bekerja dalam transaksi master detail.

QUERY
Query berfungsi untuk menyaring dan menampilkan data dari berbagai kriteria dan urutan yang kita kehendaki. Sebagai contoh, kita ingin menampilkan karyawan yang beralamat di kota Yogyakarta, menampilkan karyawan yang berjenis kelamin perempuan, atau menampilkan karyawan yang tingkat pendidikannya S1, menampilkan data siswa dengan NIS sesuai keinginan, menampilkan siswa yang nilai TIK-nya tidak tuntas dll. Semua ini dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas Query. Selain itu query juga dapat digunakan untuk menampilkan data dari dua tabel atau lebih dengan syarat antar tabel itu ada field yang berhubungan. Contohnya, kita ingin melihat NIS 20324 nama siswanya siapa? Nama orang tuanya siapa ? dll. Query biasanya digunakan sebagai sumber data untuk Report dan Form.

Ada dua cara untuk membuat Query, yaitu dengan:
1. Create query by using wizard
2. Create query in design view
Jika ingin membuat dengan cara yang kedua maka kita ikuti langkah-langkah yang telah disediakan oleh Access. Tetapi jika kita ingin membuat query dengan format kita, maka kita gunakan cara 1. Beberapa fungsi yang ada, diantaranya sama seperti dalam Microsoft Excel, misalnya Sum, Avg, Min, Max, Count, Stdev dll. Fungsi logika seperti AND, OR, NOT, <, >, <=, >= dapat juga kita gunakan dalam baris criteria.

Sebelum berlatih langkah-langkah membuat query, ada baiknya kita kenali dulu istilah-istilah berikut ini:
Field : nama field yang ingin ditampilkan
Table : nama tabel dari field tersebut
Sort : mengurutkan data hasil query
Show : mengatur field ditampilkan atau tidak
Criteria : syarat dari data yang ingin ditampilkan.

REPORT
Report merupakan fasilitas dalam Microsoft Access yang berfungsi untuk mencetak data dalam bentuk laporan. Dengan report, kita menjadi lebih leluasa dalam membuat laporan. Data yang digunakan untuk membuat laporan, dapat berasal dari tabel maupun query.
Cara yang mudah untuk membuat report adalah dengan
Create report by using wizard.

8 komentar:

Anonim mengatakan...

Thx... postingannya banyak membantu menyelesaikan tugas sekolahku

Admin mengatakan...

thx.. brow

Anonim mengatakan...

makasi buat postingannya

Reza mengatakan...

Relationship (ms. Access) itu apa ya

arismen mengatakan...

thank info nxa ya.........

emus alone mengatakan...

SIP

Anonim mengatakan...

mantep gan suwon yo mbantu tugas kuliahku!!!!

Anonim mengatakan...


Cara Membuat Anak Itu Enak lhoo!! Gak percaya? Silahkan Anda bertanya pada mereka yang sudah mempunyai anak, Apakah Cara Buat Anak itu enak, dan mereka pasti akan menjawab kalau itu memang enak cuuy…:) Pasti anda semua sudah tahu dong Syaratnya, tentu anda harus sudah menikah, sudah dewasa, cukup umur, dan ekonomi yang sudah mapan, karena dengan ekonomi yang mapan anda tidak akan kesulitan untuk memberikan Makan, Pendidikan, kesehatan dan lain lain yang layak pada anak anda kelak. Ingin punya anak juga bisa dilakukan dengan proses bayi tabung, tapi proses ini menghabiskan uang yang tidak sedikit tentunya. Nah, bagi Anda yang sudah mempunyai anak dengan tanpa perantara teknologi ini, syukurilah nikmat tersebut, dan mungkin masih banyak mereka-mereka yang kurang beruntung belum dikaruniai momongan walupun sudah menikah bertahun-tahun walaupun sudah melakukan usaha apapun untuk memiliki seorang anak. Oya, ini ada sedikit tips yang mungkin berguna bagi Anda semua, yaitu tentang Cara Membuat Anak dan prosesnya.


Cara Cepat Hamil


٩(͡๏̯͡๏)۶ Proses Terjadinya Anak

Konsep dasar terjadinya anak (proses pembuahan) adalah bertemunya sel telur dan sel sperma. Oleh karenanya kita harus tau dulu karakteristik sel telur & sel sperma. Keduanya punya kromosom. XX untuk sel telur dan XY untuk sperma.




X sifatnya : bergerak lambat, waktu hidup lebih tahan/ tahan lama, bersifat basa,

Y sifatnya : bergerak cepat, waktu hidup sebentar/ cepat mati, bersifat asam.




Lelaki memiliki kromosom XY dengan suasana asam didalam kromosomnya (zat di ujung sperma). Sedangkan wanita mempunyai kromosom XX dengan suasana rahim adalah basa.




Jika basa + asam menyatu, yang terjadi adalah netral, artinya asam kalah, sehingga kromosom Y yang dibawa sperma akan mati.




Setelah itu yang paling penting sebenarnya adalah waktu masa subur, perhitungannya adalah sebagai berikut : Masa subur dibagi 2 plus minus 3 hari. Misalkan dalam 30 hari, menstruasinya selama 6 hari mulai tanggal 24-30, sehingga puncak masa suburnya adalah tgl 12. Masa subur terbaik adalah tgl 9-12 dan 12-15, kenapa?? Karena pada saat itu, ovum telah melalui proses pematangan. Sebelum proses peluruhan yaitu tanggal 16 dst, sehingga jika ingin Membuat anak ya di tanggal-tanggal tersebut.



٩(͡๏̯͡๏)۶ Cara Membuat Anak Laki Laki



laki1). Y harus menang dalam pertempuran mencapai ovum, ini mutlak. sehingga, ovum harus siap terlebih dulu agar bisa ditembus oleh akrosom sperma. Dalam tempo yangg singkat pemenang adalah Y karena X lambat.

2). Rahim harus bersuasana asam, minimal dikurangi tingkat ke-basa-annya, agar sesuai dengan sperma dan tidak membunuh kromosom Y

3). Wanita harus keluar lebih dulu/orgasme

4). Makanan yang Dikonsumsi

5). Waktu paling tepat (berdasar teori adalah tanggal 12-15) karena tanggal 12 telur sudah matang



٩(͡๏̯͡๏)۶ Cara Membuat Anak Perempuan



1). X harperempuanus menang, intinya ovum jangan matang dulu, sehingga sperma harus "nunggu" diluar ovum. Selama masa menunggu yang duluan mati adalah kromosom Y, sehingga X menang.
2). Rahim suasana basa juga tidak apa, sehingga secara alami kromosom Y mati.
3). Waktunya boleh gak tepat..yaitu sebelum tgl 12, Untuk memberikan waktu ovum matang dulu..sperma sudah "menunggu", Y pun akan mati.
















Demikian sedikit ulasan tentang Cara Membuat Anak dan prosesnya, semoga bermanfaat. Dan bagi anda yang belum mempunyai anak/keturunan jangan lelah untuk terus berusaha dan selalu berdoa memohan TUHAN YME. dan akhir kata semoga setelah membaca artikel ini bisa cepat memiliki momongan / keturunan. Amin….

Popular Posts